Pemikiran dan Gagasan Pembaharuan KH Ahmad Dahlan

Authors

  • Achmad Mutaali Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.61166/bunyan.v1i1.7

Keywords:

Gagasan, Pemikiran, KH Ahmad Dahlan

Abstract

Gagasan-gagasan yang dihasilkan oleh Ahmad Dahlan masih dapat ditemukan secara meluas dalam sejumlah karya tulisnya. Terutama dalam bidang pendidikan, fokus utama pemikirannya adalah pada esensi dan tujuan dari pendidikan, sambil berusaha melakukan pembaruan terhadap lembaga-lembaga pendidikan Islam. Tujuan pendidikan dari KH, ahmad dahlan Membentuk Individu Berkarakter Islami, Pembaharuan Pendidikan Islam, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, Menyatukan Pendidikan Agama dan Umum, Mengembangkan Budaya Belajar,Menyebarkan Pemikiran Moderat dan Toleran, Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian literatur, yang melibatkan penyelidikan data dan informasi dari berbagai sumber di perpustakaan. Sumber-sumber tersebut mencakup buku, majalah, dokumen sejarah, dan berbagai referensi lainnya. Dalam jurnal ini, sumber data diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu data utama (primer) dan data tambahan (sekunder) hasil dari penelitian menunjukkan bahwa menurut Ahmad Dahlan, hakikat dan tujuan dari pendidikan Islam adalah menciptakan individu yang beriman, progresif, dan tekun dalam dunia pekerjaan, baik dalam aspek dunia maupun akhirat. Implementasi dari konsep ini diwujudkan melalui pembelajaran akhlak, pembinaan individu, dan pembentukan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Ghufran Hasyim. “Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan Terhadap Problematika Pendidikan Islam.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.3, no. 6 (2021).

Ainayya Husna, Anisa Oktaviana, Fery Fadli, & Mahariah. (2023). Teacher Profession and Professionalism. LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies, 2(3), 140–147. https://doi.org/10.58355/lectures.v2i3.36

Arlini, Indah, dan Acep Mulyadi. “Pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang pendidikan Islam.” Turats, vol.14, no. 2 (2021).

Awaluddin, Asep, dan Anip Dwi Saputro. “Rekontruksi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dalam Pendidikan Islam Berkemajuan.” Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, vol.1, no. 2 (2020).

Basrowi, dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Bustam, Betty Mauli Rosa. “Filosofi Pendidikan KH Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol.6, no. 2 (2021).

Dahlan, KH Ahmad. “Strategi Dakwah KH Ahmad Dahlan.” Jurnal Perspektif–Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali, DOI, vol.10 (2020).

Diniy, Khairil Anwar, dan Wantini Wantini. “Pemikiran Pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan.” Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, vol.6, no. 2 (2023).

Hamsah, Muhammad, Nurchamidah Nurchamidah, dan Rasimin Rasimin. “Pemikiran Pendidikan Kh Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, vol.7, no. 2 (2021).

J Moleong, Lexi. “Metode Penelitian Kualitatif.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Lenggono, Wahyu. “Lembaga pendidikan muhammadiyah (telaah pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang pembaruan pendidikan Islam di Indonesia).” Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, vol.19, no. 1 (2018).

Mayarisa, Diyah. “Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan.” Fitra, vol.2, no. 1 (2018).

Mubaroq, Ahmad Isa, Aslich Maulana, Hasan Basri, dan Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani. “Konsep pendidikan islam dalam perspektif kiai haji ahmad dahlan.” Tamaddun, vol.20, no. 2 (2020).

Muhammad Al Mighwar, & Syifa Rahmawati. (2023). Analysis of Children’s Character Education and Anti-Violence Policies in Indonesia. DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(4), 175–185. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i4.50

Mukhtarom, Asrori. Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Desanta Publisher, 2019.

Mukhtarom, Asrori. Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Serang: Dasenta Mulivistama, 2020.

M.R.F. Afra, & M.M.A. Abdullah. (2023). The Concept Of Religious Coexistence In Islām. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(4), 183–194. https://doi.org/10.58355/maqolat.v1i4.22

Nata, Abuddin. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta Barat: Raja Grafindo Persada, 2005.

Nugroho, Rico Setyo. “Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Kh Ahmad Dahlan.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, vol.1, no. 4 (2022).

Putra, Dhian Wahana. “konsep pendidikan Islam dalam perspektif KH Ahmad Dahlan.” Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol.1, no. 2 (2018).

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2013.

Sutarto, Sutarto, Dewi Purnama Sari, dan Anrial Anrial. “Kiprah muhammadiyah dalam pembaharuan pendidikan dan sosial keagamaan di nusantara: kajian terhadap pemikiran kh. ahmad dahlan.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, vol.5, no. 1 (2020).

Shakeel Ahmad Lone, & Mushtaq Ahmad Nadaf. (2023). Religious Harmony in India: Exploring the Enlightened Approaches of Sir Syed Ahmad Khan and Wahiduddin Khan. AL-IKHSAN: Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.61166/ikhsan.v1i2.37

Wardianto, Bayu Suta. “Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Agama, vol.21, no. 2 (2020): 281–290.

Yanti, Novia, dan Roni Faslah. “Pemikiran Pendidikan Islam Kh Ahmad Dahlan Dan Kh Hasyim Asy’ari.” Mau’izhah, vol.11, no. 1 (2022).

Zamroni. Percikan Pemikiran Pendidikan Muhammadiyah. Yogyakarta: Penerbit Ombak Dua, 2014.

Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam”, (Jakarta:Bumi Akasara. Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Achmad Mutaali. (2023). Pemikiran dan Gagasan Pembaharuan KH Ahmad Dahlan . Al-Bunyan: Interdisciplinary Journal of Qur’an and Hadith Studies, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.61166/bunyan.v1i1.7

Issue

Section

Articles