Pemikiran dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Nashirudin Al-Thusi

Authors

  • Ahmad Budi Susanto Institut Dirosah Islamiyah Al-Amien Prenduan

DOI:

https://doi.org/10.61166/bunyan.v1i1.6

Keywords:

Pemikiran, ilmuwan muslim, Nashirudin Al-Thusi

Abstract

Kemajuan pemikiran di dunia Islam terus berlangsung. Sikap terbuka, toleran, dan akomodatif umat Muslim terhadap dominasi pemikiran dan peradaban asing semakin meningkatkan hasrat terhadap ilmu, budaya akademik, serta peran cendekiawan Muslim dalam pemerintahan dan lembaga sosial masyarakat. Aliran-aliran yang menekankan rasio dan kebebasan berpikir semakin tumbuh, seiring dengan peningkatan kemakmuran di berbagai negara Islam. Tantangan yang dihadapi oleh Islam pun semakin rumit, mendorong perlunya solusi yang dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Dalam konteks ini, doktrin yang mengakui akal sebagai salah satu sumber kebenaran dan pengetahuan menjadi mungkin. Al-Quran dan Hadis sering kali menekankan pentingnya penalaran, penelitian, dan pemikiran. Dari doktrin ini, muncul filsafat di dunia Islam, dengan kontribusi penting dari beberapa filsuf yang dihargai oleh ilmuwan Barat. Nasiruddin At-Tusi, yang diakui sebagai "filsuf Islam, ilmuwan serba bisa," atau tokoh multitalenta, merupakan ilmuwan Muslim dari Persia yang berperan dalam kemajuan berbagai bidang ilmu, termasuk Astronomi, Kimia, Biologi, Filsafat, Matematika, Kedokteran, dan Ilmu Agama Islam. Penelitian ini secara khusus mengeksplorasi pemikiran dan peradaban Islam melalui perspektif Nasiruddin At-Tusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data dari literatur yang membahas filsafat, pemikiran, dan peradaban Islam. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan filsafat dan sejarah pemikiran serta peradaban Nasiruddin At-Tusi, sambil menyoroti peran pentingnya sebagai tokoh pembaharuan dalam dunia Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. “Metode Penelitian Kualitatif.” Makassar: Syakir Media Press, 2021.

Aly, Hery Noer. “Akar Orientasi Keagamaan dalam Pemikiran Pendidikan Islam.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, vol.19, no. 2 (2020).

Anis, Muhammad. “Pemikiran Politik Syiah: Perspektif Wilayah al-Faqih.” Pengantar Redaksi, vol.84 (2015).

Ath-Thusi, Konstruksi Ilmu Menurut Nashiruddin. “Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah” (2023).

Attaftazani, Muhammad Ikhsan. “Etika Perspektif Nasir Al-Din Al-Thusi Dalam Karya The Nasirean Ethics” (2021).

Basrowi, dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Black, Antony. Pemikiran Politik Islam. Dari masa nabi Hingga Masa Kini. Jakarta: Serambi, 2006.

J Moleong, Lexi. “Metode Penelitian Kualitatif.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Kartanegara, Mulyadhi. Nalar Religius: Memahami Hakikat Tuhan, Alam, dan Manusia. Erlangga, 2007.

Kusumastuti, Adhi, dan Ahmad Mustamil Khoiron. “Metode Penelitian Kualitatif.” Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019.

Murtopo, Ali. “Politik Pendidikan Pada Masa Daulah Abbasiyah (Kasus Madrasah Nizhamiyah Di Baghdad).” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, vol.19, no. 02 (2014).

Ningrum, Utari Prima. “Islamic Ethical Thought of Nasruddin Thusi.” Dirosatuna: Journal of Islamic Studies, vol.2, no. 1 (2019).

Rakhman, Itmam Aulia. “Filsafat Rumah Tangga: Telaah Pemikiran Khawajah Nashiruddin Ath-Thusi.” Jurnal Islam Nusantara, vol.2, no. 1 (2020).

Rofiq, M Nafiur. “Aliran, Tipologi dan Teori Pendidikan Islam.” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, vol.10, no. 1 (2019).

Salim, Ahmad. “Implikasi Aliran Filsafat Pendidikan Islam Pada Manajemen Pendidikan.” Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol.5, no. 1 (2017).

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.” Bandung: Alfabeta, 2013.

Suryadi, Dedi. Pengantar Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Syarif, M.M. Para Filosof Muslim. Bandung: Mizan, 1993.

Syauqi, Muhammad. “Kolaborasi Hulagu Khan dan Nasiruddin At-Tusi terhadap Pengembangan Dunia Islam Pasca Runtuhnya Dinasti Abbasiyah” (2019).

Yazofa, Tartila, Indra Harahap, Adenan Adenan, Jansen Hasibuan, Damri Pulungan, dan Muhammad Zaid Rusdi. “Pemikiran Nasiruddin Al-Thusi tentang Filsafat Islam.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol.7, no. 1 (2023).

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Ahmad Budi Susanto. (2023). Pemikiran dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Nashirudin Al-Thusi . Al-Bunyan: Interdisciplinary Journal of Qur’an and Hadith Studies, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.61166/bunyan.v1i1.6

Issue

Section

Articles